Senin, 15 Juni 2020

Silabus Kelas IV SD


SILABUS PEMBELAJARAN

TEMATIK

Kelas IV (Empat)



Tema 1             : Indahnya Kebersamaan

Alokasi waktu  : 96 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.4. Menerima berbagai bentuk persatuan dan kesatuan  suku bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.4. Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang  terikat persatuan dan kesatuan dan kesatuan
3.4. Mendeskripsikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
4.4. Bekerja sama dalam keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya  dalam  masyarakat


Keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia
·        Bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
·     Sikap toleransi antar teman berbeda agama
·     Sikap kerjasama antar teman berbeda agama
·     Bentuk kerjasama dalam keberagaman
·     Bentuk-bentuk Keberagaman
·     Bentuk-bentuk kerja sama dalam permainan
Persatuan dan kesatuan bangsa
·     Makna     persatuan dan kesatuan dalam keberagaman
·     Pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman
·     Contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan


Subtema 1: Keberagaman Budaya Bangsaku (32 jam pelajaran)
·        Mengamati gambar dan mengidentifikasi keragaman budaya Indonesia
·        Berbagi cerita dengan teman tentang pengalaman saling menghargai di lingkungan masyarakat sekitar
·        Berdiskusi tentang keragaman budaya, etnis dan agama dalam kelompok-kelompok kecil dan mengkomunikasikan hasilnya di kelas
·        Membaca teks tentang keberagaman suku bangsa, sosial, budaya, etnis dan agama
·        Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang dibaca
·        Mendiskusikan penyusunan kerangka penulisan berdasarkan gagasan pokok dan pendukung
·        Menemukan ciri-ciri segibanyak dalam permainan bentengan dan gobak sodor
·        Membedakan segibanyak beraturan dan tidak beraturan dari berbagai bentuk motif seni tradisional di lingkungan sekitar
·        Menggambar berbagai bentuk segi banyak beraturan dan tidak beraturan
·        Menggambar bentuk rumah adat dikaitkan dengan segi banyak beraturan
·        Melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi dan perambatan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya
·        Melakukan percobaan cara menghasilkan bunyi dari berbagai alat musik dan perambatan bunyi
·        Menjelaskan tentang cara alat musik tersebut dibunyikan (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dsb) serta berbagai alat yang menunjukkan  perambatan bunyi
·        Membaca teks/gambar/ tayangan tentang keberagaman budaya dan etnis di Indonesia
·        Menyajikan informasi tentang keberagaman budaya dan etnis di Indonesia dalam bentuk gambar
·        Menari tarian daerah yang merupakan salah satu bentuk kecintaan terhadap keberagaman budaya daerah
·        Melakukan permainan tradisional benteng-bentengan atau gobak sodor atau permainan tradisional lainnya dikaitkan dengan segi banyak pada gambar/ lapangan permainannya
·        Mempraktikkan prosedur gerak dasar jalan, lari, lompat dalam permainan benteng-bentengan dan gobak sodor atau permainan tradisional lainnya

Subtema 2: Kebersamaan dalam Keberagaman (32 jam pelajaran)
·        Menyimak teks/gambar/ paparan/video tentang sikap toleransi dan kerjasama dalam keragaman suku, budaya, dan agama
·        Menceritakan atau menuliskan pengalaman peserta didik tentang sikap toleransi yang pernah dialaminya
·        Melakukan diskusi kelompok tentang pentingnya kerjasama dalam keberagaman
·        Membaca teks tentang toleransi dan kerjasama
·        Membuat ringkasan dan peta pikiran dari teks tertulis terkait sikap toleransi dan kerjasama dalam bentuk tulisan.
·        Menentukan banyak dan besar sudut pada beragam bangun datar (segi tiga, segi  empat dan segi banyak)
·        Mengidentifikasi teknik mengukur dan mempraktikkan cara mengukur sudut dengan satuan baku busur derajat
·        Mengukur besar sudut pada bangun datar (segi tiga, segi empat dan segi banyak)
·        Melakukan penaksiran dan membandingkan hasil penaksiran dan pengukuran sudut yang terdapat pada bangun datar (segi tiga, segi empat dan segi banyak)
·        Melakukan percobaan sederhana untuk membukti­kan tentang asal sumber bunyi hingga sampai ke telinga dan perambatan bunyi dalam medium berbeda (benda padat, cair, dan gas), pemantulan dan penyerapan bunyi, tinggi-rendah bunyi, dan keras-lemah bunyi
·        Menyimpulkan sifat-sifat bunyi dari beragam sumber bunyi secara tertulis
·        Melakukan tanya jawab dengan tokoh masyarakat yang didatangkan ke kelas tentang budaya masyarakat setempat
·        Membuat tulisan tentang keragaman budaya masyarakat setempat
·        Mengamati tari kreasi daerah melalui demonstrasi oleh guru atau video
·        Melakukan gerak dasar tari kreasi daerah
·        Mengamati variasi pola gerak dasar lokomotor jalan, lari, lompat melalui permainan daerah misalnya kasti/ lompat karet atau permainan daerah lainnya
·        Melakukan permainan daerah misalnya kasti/lompat karet atau permainan daerah lainnya

Subtema 3: Bersyukur atas Keberagaman (32 jam pelajaran)
·        Melakukan pendataan teman yang ada di kelas, misalnya suku bangsa, agama, dan kebiasaan.
·        Mendiskusikan tentang bentuk-bentuk kerjasama yang membangun persatuan dan kesatuan
·        Menuliskan hasil diskusi tentang bentuk-bentuk kerjasama yang membangun persatuan dan kesatuan
·        Membaca teks tentang keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya yang ada di Indonesia
·        Menceritakan kembali teks tentang keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya yang ada di Indonesia
·        Membuat kliping tentang keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya yang ada di Indonesia
·        Mengamati dan menggambar berbagai bentuk segitiga, segi empat, segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan
·        Mengklasifikasikan berbagai bentuk segitiga, segi empat, segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan
·        Melakukan pengukuran berbagai bentuk bentuk segitiga, segi empat, segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan dengan menggunakan busur derajat
·        Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil diskusi tentang bagaimana indera pendengaran manusia bekerja dan bagaimana manusia yang tidak memiliki indera pendengaran dapat berkomunikasi
·        Mengamati dan memperagakan tari kreasi daerah dengan penuh penjiwaan
·        Memperagakan hasil belajar tentang variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif  dalam permainan sepak bola bola mini dan atau tradisional  yang dilandasi nilai-nilai tanggung jawab, disiplin, dan kerja sama
Bahasa Indonesia
3.1. Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
4.1. Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulis
3.2. Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
4.2. Menyajikan hasil pencermatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan

Gagasan pokok dan gagasan pendukung
·        Teks tulis
·         Peta pikiran
·         Teks bacaan
·         Kerangka tulisan

Matematika
3.8. Menganalisis segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
4.8. Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
3.12  Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat
4.12 Mengukur sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat

·     Segi banyak di sekitar
·     Pengukuran sudut dengan busur derajat


Ilmu Pengetahuan Alam
3.6. Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
4.6. Menyajikan laporan hasil  pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi


Bunyi
·      Sifat-sifat bunyi
·      Syarat terjadinya bunyi
·      Sumber bunyi
·      Cara menghasilkan bunyi
·      Telinga sebagai indera pendengar dan cara merawat-nya

Ilmu Pengetahuan Sosial
3.2. Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia
4.2. Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia


Keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama
·      Di lingkungan sekitar
·      Di Provinsi setempat
·      Di Indonesia

Seni Budaya dan Prakarya
3.3. Mengetahui gerak tari kreasi daerah
4.3. Meragakan gerak tari kreasi daerah


Gerak tari kreasi daerah

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.1. Memahami prosedur variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
4.1. Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*



Variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif :
·     Permainan sepakbola ( menendang dan menghentikan bola)
·     Permainan bolavoli (passing bawah)
·     Permainan tradisional







Tema 2             : Selalu Berhemat Energi

Alokasi waktu  : 96 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.2. Menerima kewajiban dan hak sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
2.2. Menunjukkan sikap memenuhi  kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat
3.2. Memahami pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
4.2. Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari


·       Pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari






Subtema 1: Sumber Energi (32 jam pelajaran )
·      Mengamati gambar dan mendiskusikan tentang hak dan kewajiban penggunaan sumber energi (misalnya air dan listrik)
·      Menuliskan hak dan kewajiban individu terkait penggunaan energi (misalnya air dan listrik)
·      Mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
·      Mengamati teks visual/gambar tentang sumber energi, mendiskusikan, dan menjelaskan isi teks

·      Menuliskan kembali teks visual/gambar tentang sumber energi menggunakan bahasa sendiri
·      Membaca dan mempraktikkan teks prosedur tentang membuat kincir angin sederhana sebagai sumber energi
·      Mengamati konsumsi air minum dalam botol yang dibawa teman-teman dalam satu kelas
·      Melakukan penaksiran jumlah dan selisih dengan benar, melalui konsumsi air minum
·      Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran jumlah dan selisih bilangan cacah, perkalian dan pembagian (menaksir harga peralatan yang terkait dengan harga air minum dalam kemasan)
·      Mengamati tumbuhan dan cuaca, melihat keterkaitan antara tumbuhan dan sinar matahari sebagai sumber energi  (manfaat matahari dalam kehidupan)
·      Menuliskan hasil pengamatan tentang  perubahan bentuk  energi matahari  dalam kehidupan dengan sistematis
·      Menuliskan manfaat sinar matahari bagi kehidupan di Bumi dalam bentuk peta pikiran dalam bentuk tulisan maupun gambar 
·      Melakukan percobaan tentang perubahan bentuk energi angin  dalam kehidupan sehari-hari : Membuat kincir angin dan kincir air sederhana berdasarkan teks prosedur
·      Mengamati gambar, membaca teks, dan mendiskusikan tentang sumber energi yang digunakan untuk mengelola sumber daya alam
·      Diskusi tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya di daerah sekitar
·      Membaca teks kemudian menyanyikan lagu “Menanam jagung” sesuai tinggi rendah nada dengan aba-aba ketukan dari guru
·      Menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan nada dan tempo yang tepat, seperti yang dicontohkan guru
·      Mengamati cara melambungkan dan menangkap bola dengan teknik yang benar (demonstrasi oleh guru).
·      Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar (bola zig-zag)

Subtema 2: Manfaat  Energi (32 jam pelajaran)
·     Membaca teks dan berdiskusi tentang penggunaan  sumber daya alam yang terbatas (misalnya penggunaan kertas)
·     Berdiskusi tentang hak dan kewajiban terkait pemafaatan energi
·     Menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat dengan benar
·     Membuat poster tentang penggunaan energi yang benar sebagai hak dan kewajiban sebagai individu
·     Melakukan kampanye tentang hemat energi di lingkungan sekolah menggunakan poster
·     Mendiskusikan tentang pemanfaatan limbah
·     Mengamati gambar dan membaca teks prosedur tentang membuat produk dari limbah
·     Mempraktikkan teks prosedur tentang membuat produk dari limbah
·     Bereksplorasi mencari pecahan-pecahan senilai. dengan menggunakan kertas bekas
·     Membuktikan hubungan pembilang dan penyebut antar pecahan senilai
·     Bereksplorasi dengan garis bilangan yang menunjukkan perbandingan pecahan dengan garis bilangan dan gambar
·     Membandingkan nilai dua pecahan dengan benar
·     Menjelaskan prosedur penaksiran dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan bilangan cacah
·     Membaca teks tentang sumber energi dan perubahan bentuk energi  dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
·     Mengidentifikasi  penggunaan beragam benda elektronik di rumah  (daya yang dibutuhkan dan waktu yang penggunaannya)
·     Menyajikan dalam bentuk tabel penggunaan benda elektronik di rumah
·     Membaca teks/gambar/ paparan mengenai sumber daya  alam yang digunakan sebagai sumber energi (misalnya: batu bara, minyak bumi, dan gas alam) 
·     Mencari informasi untuk membuat peta sumber energi (batu bara, minyak bumi, dan gas alam) di Indonesia dengan menggunakan simbol-simbol
·     Menyanyikan lagu “Menanam Jangung” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tepuk tangan
·     Menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan tempo dan tinggi rendah nada
·     Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar : bola zig-zag

Sub Tema 3: Energi Alternatif (32 jam pelajaran)
·      Membaca teks tentang ayo hemat energi
·      Melakukan pengamatan di lingkungan sekitar tentang perilaku hemat energi
·      Mendiskusikan pelaksanaan hak dan kewajiban dari masyarakat di lingkungannya dengan benar terkait hemat energi
·      Membaca teks/gambar/ paparan tentang ketersediaan sumber energi dari alam yang terbatas
·      Membaca teks/gambar/ paparan tentang energi alternatif
·      Membuat ringkasan tentang hubungan ketersediaan sumber energi alam dan energi alternatif
·      Membuat teks petunjuk hemat energi sesuai dengan masalah yang ditemukan di lingkungan
·      Bereskplorasi mengidentifikasi unsur-unsur pada pecahan campuran dengan benar
·      Bereksplorasi menyatakan pecahan campuran ke dalam pecahan biasa atau sebaliknya dengan benar
·      Bereksplorasi mengidentifikasi bentuk pecahan desimal dan menganalisis hubungan pecahan desimal dan pecahan biasa
·      Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran bilangan cacah, pecahan dalam bentuk soal cerita
·      Membaca teks informasi dan melakukan percobaan tentang sumber energi alternatif dari kentang yang mampu menghasilkan arus listrik bertegangan rendah 
·      Mengidentifikasi manfaat kentang sebagai sumber energy alternative  dengan tepat
·      Menyajikan laporan dalam bentuk peta pikiran  hasil pengamatan tentang  perubahan bentuk   energi  alternatif dalam kehidupan  sehari-hari

·      Menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi
·      Membaca teks, mengamati gambar, menjawab pertanyaan, berdiskusi dan menuliskan sumber daya alam dan manfaatnya sebagai pangan lokal dan energi alternatif
·      Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tinggi rendah nada
·      Menyanyikan syair lagu Kring Kring Ada Sepeda secara berpasangan dengan tempo dan tinggi rendah nada seperti contoh yang diberikan guru
·      Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar : bermain bola zig-zag

Bahasa Indonesia
3.2. Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
4.2. Menyajikan hasil pencermatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan
3.4. Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda
4.4. Menyajikan teks petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif  





  Gagasan pokok dan gagasan pendukung
   Teks Informasi (visual/ gambar)
   Teks petunjuk
Penggunaan alat


Matematika
3.1. Menjelaskan pecahan-pecahan senilai  dengan gambar  dan model konkret
4.1. Mengidentifikasi  pecahan-pecahan senilai  dengan gambar  dan model konkret
3.2 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya

4.2. Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya
3.3. Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan
4.3. Menyelesaikan masalah  penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan




  Pecahan senilai
  Perbandingan pecahan
  Taksiran hasil penghitungan (tambah, kurang, kali, bagi)













• Pecahan senilai
• Pecahan desimal

• Pecahan campuran
• Desimal
• Persen


Ilmu Pengetahuan Alam
3.5. Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
4.5. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi



   Sumber Energi dan Perubahan Bentuk Energi
   Macam-macam sumber energi (matahari)
   Berbagai perubahan bentuk energi (angin)
   Macam-macam sumber energi alternatif.
   Berbagai perubahan bentuk energi.

   Sumber Energi dan Perubahan Bentuk Energi
   manfaat energi alternatif





Ilmu Pengetahuan Sosial
3.1. Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1. Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi







   Letak dan luas kabupaten/ kota  dan provinsi dalam peta
   Kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam




Seni Budaya dan Prakarya
3.2. Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada
4.2. Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada


• Tanda tempo
• Tinggi rendah nada




Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.1. Memahami prosedur variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
4.1. Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*





Variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif permainan bolabasket:
• Melempar Bola
• Menangkap Bola
• Menendang bola
• Menghentikan bola

Variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif permainan sepakbola:
• Menendang bola
• Menghentikan bola
• Melambungkan Bola
• Melempar Bola
• Menangkap Bola







































Tema 3             : Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Alokasi waktu  : 96 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.2  Menerima kewajiban dan hak sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
2.2  Menunjukkan sikap memenuhi  kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat
3.2  Memahami pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
4.2  Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari


·     Hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam memanfaatkan tumbuhan
·     Hak dan kewajiban ketika terhadap hewan di sekitar
·     Hak dan kewajiban dalam pelestarian sumberdaya alam
·     Hak dan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan




Subtema 1: Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku (32 jam pelajaran)
·       Mengamati teks/gambar tentang hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar
·       Berdiskusi dan tanya jawab tentang hak dan kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar
·       Melakukan refleksi dan mendiskusikan hak dan kewajiban tentang kegiatan menanam dan merawat tumbuhan
·       Membaca dan mencermati keterampilan dan sikap yang baik dalam melakukan wawancara
·       Menyusun daftar pertanyaan tentang hak dan kewajiban untuk memelihara hewan dan tumbuhan
·       Melakukan simulasi wawancara kepada masyarakat sekitar sesuai pertanyaan yang telah disusun
·       Melakukan penaksiran bilangan desimal, pecahan (menggunakan media tumbuhan atau hewan yang ada disekitar)
·       Menyelesaikan masalah sehari-hari terkait desimal, pecahan
·       Mengamati dan mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya (tumbuhan yang ada di sekitar)
·       Menanam satu jenis tanaman dan merawatnya
·       Membuat jadwal merawat tanaman
·       Membuat tabel pengamatan untuk mencatat pertumbuhan tanaman yang dirawatnya. (dibutuhkan waktu untuk dapat mengisi dan melaporkannya)
·       Melakukan pengamatan bentang alam Indonesia (pantai,dataran rendah dan dataran tinggi)
·       Menggali informasi tentang karakteristik tempat tinggal dan pemanfaatan sumber daya alam
·       Berkreasi membuat kolase  dari bahan alam tentang hewan atau tumbuhan di sekitarnya.
·       Menuliskan apresiasi dan saran  atas hasil karya temannya
·       Mempraktikkan variasi gerak dasar dalam permainan bola zig-zag

Subtema 2 : Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku (32 jam pelajaran)
·      Mengamati gambar hewan atau tumbuhan di Indonesia yang dilindungi dan langka (Misalnya. Komodo, Badak Bercula, bunga bangkai)
·      Berdiskusi tentang pentingnya menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan
·       Menuliskan saran menurut peserta didik upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan
·       Membaca teks tentang hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi
·       Mengumpulkan gambar tentang hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi
·      Membuat poster tentang upaya menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan langka dan dilindungi
·      Melakukan kampanye ajakan untuk meletarikan hewan menggunakan poster yang telah dibuat
·      Membaca teks tentang cara membuat pertanyaan dan hasil wawancara
·      Membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara kepada pengelola kebun binatang setempat (bila memungkinkan) atau peternak atau petani tentang pemeliharaan hewan atau tanaman
·      Melakukan wawancara
·      Melakukan ekplorasi dan penaksiran operasi perkalian pecahan (menggunakan objek hewan dan tumbuhan yang ada
·      Menuliskan dalam diagram venn yang tersedia
·      Mencermati langkah-langkah dan menjelaskan konsep melakukan penaksiran operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, desimal
·      Membuat soal cerita yang terkait penaksiran operasi jumlah, selisih,dan perkalian pada bilangan pecahan dan menyelesaikan masalah penaksiran pecahan, desimal
·      Menyelesaikan masalah yang terkait penaksiran operasi jumlah, selisih,dan perkalian pada bilangan pecahan, desimal
·      Mengamati hewan peliharaan dan menjawab pertanyaan
·       Menuliskan pengalaman merawat hewan peliharaan atau pengalaman menyayangi hewan di sekitarnya
·       Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh hewan dan fungsinya, perbedaan dari tubuh hewan beserta fungsinya dalam pelestarian lingkungan
·       Mendiskusikan ciri-ciri khas hewan dan mengaitkan ciri-ciri khusus hewan dengan karakteristik tempat hidupnya
·       Berdiskusi tentang pentingnya peran hewan atau tumbuhan sebagai sumber daya alam hayati
·      Membaca teks tentang karakteristik tempat hidup hewan, pengaruh keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) terhadap kehidupan hewan
·      Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka
·      Menyajikan informasi tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka
·      Berkreasi membuat mozaik dari bahan alam dengan tema keberagaman hewan dan tumbuhan
·      Mengapresiasi karya seni mozaik
·      mempraktikkan variasi gerak dasar dalam permainan lompat katak.

Subtema 3 : Ayo Cintai Lingkungan
·      Mengamati gambar/ paparan/tayangan tentang lingkungan hidup
·      Mendiskusikan hak dan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan
·      Memberikan contoh tindakan yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungannya (melaksanakan hak dan kewajiban)
·      Mengamati gambar dan menjelaskan dampak dari melalaikan kewajiban menjaga lingkungan
·      Melakukan pengamatan dan menyajikan laporan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan di tempat tinggalnya
·      Melakukan refleksi kebiasaan peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dalam bentuk tabel
·      Membaca, mencermati langkah-langkah, dan berlatih menjelaskan cara menyajikan laporan hasil wawancara secara lisan
·      Menggali informasi tentang pelestarian alam melalui kegiatan wawancara
·      Menyajikan laporan tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
·      Mencermati langkah-langkah  melakukan penaksiran operasi perkalian dan pembagian desimal, persen
·       Bereksplorasi dan menjelaskan cara melakukan penaksiran jumlah dan selisih bilangan desimal, persen
·       Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran jumlah dan selisih bilangan desimal, persen
·      Melakukan  observasi dan diskusi untuk  menjelaskan pentingnya penghijauan sebagai salah satu upaya pelestarian sumber daya alam menanam tanaman (praktik nyata untuk melestarikan sumber daya alam dan lingkungan )
·      Menjelaskan dan menyajikan informasi pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar.
·      Menjelaskan manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan
·      Mengidentifikasi pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
·      Menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
·      Membuat  diagram frayer untuk manyebutkan contoh sikap dalam melestarikan lingkungan sebagai kewajiban sebagai warga,  mengomunikasikan ajakan untuk melestarikan sebagai bentuk kewajiban sebagai warga.
·      Membuat montase dari bahan alam dengan tema menjaga lingkungan.
·      Mempraktikkan variasi pola gerak dasar dasar jalan, lari, lompat, dan lempar pada permainan kasti atau permainan tradisional lainnya.

Bahasa Indonesia
3.3  Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
4.3  Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis


·         Kalimat tanya
·         Ciri-ciri pertanyaan yang baik
·         Teks wawancara (kata sapaan, kalimat perkenalan, kalimat pembuka)
·         Membuat laporan tertulis
Matematika
3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan
4.3 Menyelesaikan masalah  penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan

·    Penaksiran desimal (operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian)
·    Penaksiran pecahan dan persen
·    Bilangan pecahan

Ilmu Pengetahuan Alam
3.1  Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
4.1  Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
3.8  Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
4.8  Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya



·       Bagian-bagaian tumbuh-tumbuhan dan fungsinya
·       Manfaat tumbuhan bagi manusia
·       Tempat hidup tumbuhan
·       Bagian- bagian tubuh hewan dan fungsinya
·       Habitat hidup hewan
·       kegunaan hewan bagi manusia
·       Hewan-hewan langka
·       Keseimbangan dan pelestarian lingkungan


Ilmu Pengetahuan Sosial
3.1  Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1  Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi


·       Karakteristik tiga
bentang alam Indonesia, yaitu: pantai, dataran
rendah, dan datarn tinggi
·      Karakteristik tempat tinggal dan pemanfaatan sumber daya alam
·      pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
Seni Budaya dan Prakarya
3.4  Mengetahui karya seni rupa teknik tempel
4.4  Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik









·       Teknik tempel: Kolase, Mozaik, Montase
·       Apresiasi terhadap hasil karya seni
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.2 Memahami prosedur variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*
4.2  Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*



Variasi pola gerak dasar non lokomotor:
·    Memutar pinggang
·    Menekuk badan, tangan, dan kaki,
·    Memiringkan badan
·    Membentang tangan dan kaki
·    Memutar badan menghadap ke kiri, ke kanan, dan ke belakang


Variasi pola gerak dasar lokomotor dan lokomotor melalui permainan :
·    Bola zigzag,
·    Lompat katak
·    Kasti
·    Permainan tradisional lainnya

Variasi gerak dasar jalan,lari dan lompat










































Tema 4             : Berbagai pekerjaan

Alokasi waktu  : 96 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1     Menerima makna  hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
2.1 Menerima  makna hubungan  simbol dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Mengasosiasikan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1  Menceritakan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari


Makna hubungan  simbol dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari



Subtema 1: Jenis-jenis pekerjaan (32 jam pelajaran)
  Mengamati burung garuda pancasila dan menyebutkan simbol serta sila sila pancasila.
  Mendiskusikan dalam kelompok tentang makna sila pertama Pancasila dan contohnya dalam kegiatan sehari hari
  Menuliskan pengalaman diri melaksanakan sila Pertama Pancasila yaitu sifat jujur.
  Mendiskusikan nilai-nilai yang harus dimiliki untuk mendapatkan pekerjaan salah satunya jujur.
  Menganalis dan menyampaikan pendapat pribadi tentang sikap tokoh dalam cerita yang berhubungan  dengan nilai-nilai Pancasila
  Menilai dan mendeskripsikan tokoh yang ada di dalam cerita
  Membaca teks tentang “pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur” dan mendiskusikannya dihubungkan dengan sila pertama Pancasila
  Menuliskan pendapat pribadi teks yang telah dibaca tentang “pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur”
  Menemukan rumus luas persegi menggunakan benda kongkrit
  Menemukan rumus luas persegi menggunakan cara lain (rumus)
  Menyelesaikan masalah tentang luas persegi.
  Menemukan rumus keliling persegi dengan cara konkrit
  Menemukan keliling persegi dengan cara lain
  Menyelesaikan masalah tentang keliling persegi
  Menjelaskan cara menghitung keliling dan luas persegi dan persegi panjang.
  Menyelesaikan masalah sehari-hari terkait keliling dan luas persegi dan persegi panjang
  Mendiskusikan tentang pentingnya menjaga kelestarian tumbuhan sebagai upaya menjaga keseimbangan   sumber daya alam
  Menuliskan dan mempresentasikan contoh kegiatan yang dapat menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar.
  Menyusun 3 rencana kegiatan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam di sekitar lingkungan agar terlindungi.
  Memilih satu kegiatan menjaga kelestarian alam, menuliskan laporannya dan mempresentasikan hasil kegiatan tersebut  
  Membaca teks tentang pekerjaan di lingkungannya dan mendiskusikannya
  Mengidentifikasi jenis jenis pekerjaan yang dibutuhkan di masyarakat
  Mendiskusikan tentang jenis pekerjaan tertentu
  Mengidentifikasi pekerjaan di sekitar lingkungan
·   Membandingkan pekerjaan yang ada di lingkungan tertentu dengan pekerjaan di lingkungan lain dengan menggunakan diagram venn secara berkelompok
  Menyusun  laporan dari diagarm venn dalam bentuk tulisan dan mempresentasikannya secara berkelompok
  Menggali informasi (wawancara) tentang kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan yang ada dilingkungan sekitar
  Mempresentasikan hasil wawancara tentang kegiatan ekonomi dan  berbagai pekerjaan
  Menggambar tiga dimensi tentang bangunan idaman
  Mendiskusikan warisan budaya Indonesia, misalnya pencak silat atau beladiri tradisional lainnya
  Mengamati gambar dan mengikuti langkah gerakan kaki pada beladiri pencak silat atau beladiri tradisional lainnya
  Mempraktikkan langkah-langkah gerakan kaki pada beladiri tradisional dengan lancar
  Mempraktikkan berbagai pukulan dalam gerak dasar seni bela diri tradisional



Sub tema 2: Pekerjaan disekitar kita (32 jam pelajaran)
Mengamati  simbol dan mendeskripsikan makna sila ke dua Pancasila dengan benar
Mengidentifikasi aktifitas yang mencerminkan sila ke dua Pancasila dan juga aktifitas yang bertentangan dengan sila kedua pancasila
Berdiskusi dan menuliskan  kesepakatan kelas tentang pengamalan sila ke dua Pancasila
· Membedakan sikap yang baik dan sikap yang tidak baik terkait nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
Membaca cerita pendek, mendiskusikannya dan menjawab pertanyaannya
Menyampaikan pendapat secara tulisan dan lisan tentang cerita tersebut
Menyampaikan pendapatnya mengenai suatu cerita secara lisan maupun tulisan
Membaca cerita tentang pekerjaan tertentu dan memberikan pendapat
Menilai unsur cerita (pesan moral), menuliskan dan menceritakannya
Menghitung luas dan keliling persegi panjang dari benda yang berada disekitar
Menyelesaikan masalah tentang luas dan keliling persegi
Menghitung luas dan keliling bangun gabungan (persegi dan persegi panjang) menggunakan benda kongkrit
Menyelesaikan masalah tentang luas dan keliling bangun gabungan (persegi dan persegi panjang)
Mendiskusikan dan Menjelaskan penyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari tentang keliling dan luas persegi dan persegi panjang
   Mendiskusikan dan membandingkan penggunaan teknologi penangkapan ikan baik tradisional ataupun modern
   Menganalisa dan menuliskan pemanfaatan teknologi modern serta dampaknya bagi pemenfaatan sumber daya alam
·   Menuliskan tentang sumberdaya alam yang dimanfaatkan oleh kita dan bagaimana membatasi penggunaan sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari
  Mengidentifikasi  contoh kegiatan menjaga kelestarian alam dalam kehidupan sehari-hari (wawancara)
  Mengamati gambar kegiatan ekonomi mulai dari produsen sampai konsumen (misalnya ikan yang ditangkap nelayan sampai di konsumsi masyarakat)
  Mendiskusikan dan mempresentasikan  dalam kelompok: Jenis kegiatan ekonomi, Jenis barang yang dijual belikan, Jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut, dan hasil dari setiap pekerjaan
  Mendiskusikan gambar tentang jenis barang yang diperjualbelikan dan jenis pekerjaan yang terlibat
  Mempresentasikan hasil diskusi tentang jenis barang yang diperjualbelikan dan jenis pekerjaan yang terlibat
  Menggambar/melukis kegiatan yang menunjukkan pengamalan sila ke dua pancasila dengan kreatif
  Mempresentasikan gambar hasil karyanya sebagai seorang pelukis
  Mengamati karya gambar tiga dimensi yang telah di buat pada pertemuan sebelumnya
  Menuliskan hasil apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi 
  Mengamati penjelasan langkah gerakan tangkisan pada beladiri silat atau tradisional lainnya dengan tepat
  Mempraktikkan langkah-langkah gerakan tangkisan pada beladiri silat atau tradisional lainnya
  Mengamati gambar, membaca penjelasan, dan mengamati peragaan dari guru tentang pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar tendangan dalam seni beladiri
  Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar tendangan dalam seni beladiri

Sub tema 3: Pekerjaan orang tuaku (32 jam pelajaran)
Membaca teks tentang ‘sikap gotong royong dari nelayan’ dan menjawab pertanyaan
Mengamati gambar simbol sila ke tiga pancasila, mencari informasi tentang makna sila ke tiga Pancasila 
Menganalisis masalah dalam kehidupan sehari-hari  yang berkaitan dengan pengamalan sila ke tiga  Pancasila

Menghubungkan sikap tokoh dengan pengamalan sila ke tiga Pancasila
Menceritakan kegiatan yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka pengamalan sila ke tiga pancasila
Membaca teks tentang dongeng di daerahnya yang berkaitan dengan kerja keras/pekerjaan
Menilai dan menyajikan pesan moral berdasarkan pendapat pribadi
Menemukan unsur-unsur cerita dalam dongeng dan menuliskannya
Mengidentifikasi unsur instrinsik dari cerita yang dibaca dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran
Menemukan rumus luas segitiga menggunakan benda kongkrit
Menyelesaikan masalah tentang luas segitiga
Menemukan rumus  keliling segitiga menggunakan benda kongkrit
Menyelesaikan masalah tentang keliling segitiga.
Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari tentang keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga
Mengamati gambar kenampakan hutan di Kalimantan dan mendiskusikan kondisi penurunan pohon dihutan kalimantan
Mengidentifikasi kegiatan terkait pengontrolan dalam pemanfaatan sumber daya alam
Mewarnai peta hutan Kalimantan dan menginformasikan dampak pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkontrol dalam kehidupan sehari-hari  dan upaya pencegahan langkanya ketersediaan sumber daya alam
Membaca teks tentang ‘Pengrajin cendera mata’ dan menjawab pertannyaan
· Membaca teks tentang ‘Pengolahan samapah’ dan membuat peta pikiran
· Menuliskan upaya pengolahan sampah sebagai upaya pelestarian sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari
Membaca teks tentang pengrajin kayu dan menjawab pertanyaannya
Berdiskusi dalam kelompok tentang proses pengolahan kayu: dari bahan baku menjadi suatu produk, jenis pekerjaan dan produk yang dihasilkannya
Menuliskan perlengkapan dalam beladiri silat dan sumberdaya alam yang digunakan
Mengamati bagan tentang proses pembuatan sarung Samarinda
Mengidentifikasi berbagai kegiatan ekonomi dan perkerjaan yang ada di lingkungan sekitar.
Menggambar perahu nelayan
Mengamati karya gambar tiga dimensi yang telah dibuat sebelumnya
Memberikan apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi  yang dibuat oleh teman-temannya
Menyajikan hasil apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi 
Mengamati seluruh gerakan pada beladiri silat atau tradisional lainnya
Mempraktikkan seluruh gerakan pada beladiri silat
· Melakukan gerakan dalam pencak silat atau beladiri tradisional lainnya untuk membentuk gerak dasar langkah, pukulan, tangkisan, dan tendangan
Bahasa Indonesia
3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)
4.5 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih sendiri dan dibaca yang didukung oleh alasan


·       Menilai sastra
·       Pendapat pribadi tentang isi buku sastra

Matematika
3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga

4.9 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan  keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga


·       Keliling dan luas daerah:
·       Persegi
·       Persegi panjang
·       Segitiga
Ilmu Pengetahuan Alam
3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya


·            Keseimbangan dan Pelestarian Sumber Daya Alam
·            Pengertian sumber daya alam.
·            Macam-macam sumber daya alam.
·            Upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.

Ilmu Pengetahuan Sosial
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi



·            Ketersediaan sumber-sumber ekonomi
·           Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi
·           Lembaga ekonomi
·           Perniagaan untuk mening-katkan kesejahteraan
Seni Budaya dan Prakarya
3.1 Mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi si
4.1 Menggambar dan membentuk tiga dimensi




·        Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan objek
·        Proses pembuatan bentuk gambar tiga dimensi berdasarkan objek
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.4 Menerapkan prosedur gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri**
4.4 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri**




·      Pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor seni bela diri pencak silat:
·      Kuda-kuda
·      Gerak langkah kaki


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal Online PH Kelas 4

Kerjakanlah soal ujian online Penilaian Harian Tema 1 Subtema 1. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!