SILABUS PEMBELAJARAN
TEMATIK
Kelas
IV
(Empat)
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Alokasi waktu : 96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.4. Menerima
berbagai bentuk persatuan dan kesatuan
suku bangsa, sosial, dan budaya
di Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.4. Bekerja
sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan dan kesatuan
3.4. Mendeskripsikan berbagai bentuk keberagaman suku
bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
4.4. Bekerja
sama dalam keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya dalam
masyarakat
|
Keberagaman
suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia
·
Bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya
di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
·
Sikap
toleransi antar teman berbeda agama
·
Sikap kerjasama antar teman berbeda
agama
·
Bentuk kerjasama dalam keberagaman
·
Bentuk-bentuk
Keberagaman
·
Bentuk-bentuk
kerja sama dalam permainan
Persatuan dan kesatuan bangsa
·
Makna persatuan dan kesatuan dalam keberagaman
·
Pentingnya sikap persatuan dan kesatuan
dalam keberagaman
·
Contoh-contoh sikap persatuan dan
kesatuan dalam keberagaman di lingkungan
|
Subtema 1: Keberagaman
Budaya Bangsaku (32 jam pelajaran)
·
Mengamati
gambar dan mengidentifikasi keragaman budaya Indonesia
·
Berbagi cerita dengan teman tentang pengalaman saling menghargai
di
lingkungan masyarakat sekitar
·
Berdiskusi
tentang keragaman budaya, etnis dan agama dalam
kelompok-kelompok kecil dan mengkomunikasikan hasilnya di kelas
·
Membaca teks
tentang keberagaman
suku bangsa, sosial, budaya, etnis dan agama
·
Menemukan
gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang dibaca
·
Mendiskusikan
penyusunan kerangka penulisan berdasarkan gagasan pokok dan pendukung
·
Menemukan
ciri-ciri segibanyak dalam permainan bentengan dan gobak sodor
·
Membedakan
segibanyak beraturan dan tidak beraturan dari berbagai bentuk motif seni tradisional di lingkungan sekitar
·
Menggambar
berbagai bentuk segi banyak beraturan dan tidak beraturan
·
Menggambar
bentuk rumah adat dikaitkan dengan segi banyak beraturan
·
Melakukan
kegiatan eksplorasi menggunakan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi dan perambatan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya
·
Melakukan
percobaan cara menghasilkan bunyi dari berbagai alat musik dan perambatan bunyi
·
Menjelaskan
tentang cara alat musik tersebut dibunyikan (dipukul, ditiup, digoyang,
dipetik, digesek, dsb) serta berbagai alat yang menunjukkan
perambatan bunyi
·
Membaca
teks/gambar/ tayangan tentang keberagaman budaya dan etnis di Indonesia
·
Menyajikan
informasi tentang keberagaman budaya dan etnis di Indonesia dalam bentuk
gambar
·
Menari
tarian daerah yang merupakan salah satu bentuk kecintaan terhadap
keberagaman budaya daerah
·
Melakukan
permainan tradisional benteng-bentengan atau gobak sodor atau permainan
tradisional lainnya dikaitkan dengan segi banyak pada gambar/ lapangan permainannya
·
Mempraktikkan
prosedur gerak dasar jalan, lari, lompat dalam permainan benteng-bentengan
dan gobak sodor atau permainan tradisional lainnya
Subtema 2: Kebersamaan dalam Keberagaman (32 jam pelajaran)
·
Menyimak
teks/gambar/ paparan/video tentang sikap toleransi dan kerjasama dalam
keragaman suku, budaya, dan agama
·
Menceritakan
atau menuliskan pengalaman peserta didik tentang sikap toleransi yang pernah
dialaminya
·
Melakukan
diskusi kelompok tentang pentingnya kerjasama dalam keberagaman
·
Membaca
teks tentang toleransi dan kerjasama
·
Membuat
ringkasan dan peta pikiran dari teks tertulis terkait sikap toleransi dan
kerjasama dalam bentuk tulisan.
·
Menentukan
banyak dan besar sudut pada beragam bangun datar (segi tiga, segi empat dan segi banyak)
·
Mengidentifikasi
teknik mengukur dan mempraktikkan cara mengukur sudut dengan satuan baku
busur derajat
·
Mengukur
besar sudut pada bangun datar (segi tiga, segi empat dan segi banyak)
·
Melakukan
penaksiran dan membandingkan hasil penaksiran dan pengukuran sudut yang
terdapat pada bangun datar (segi tiga, segi empat dan segi banyak)
·
Melakukan
percobaan sederhana untuk membuktikan tentang asal sumber bunyi hingga
sampai ke telinga dan perambatan bunyi dalam medium berbeda (benda padat,
cair, dan gas), pemantulan dan penyerapan bunyi, tinggi-rendah bunyi, dan
keras-lemah bunyi
·
Menyimpulkan
sifat-sifat bunyi dari beragam sumber bunyi secara tertulis
·
Melakukan
tanya jawab dengan tokoh masyarakat yang didatangkan ke kelas tentang budaya
masyarakat setempat
·
Membuat
tulisan tentang keragaman budaya masyarakat setempat
·
Mengamati
tari kreasi daerah melalui demonstrasi oleh guru atau video
·
Melakukan
gerak dasar tari kreasi daerah
·
Mengamati
variasi pola gerak dasar lokomotor jalan, lari, lompat melalui permainan
daerah misalnya kasti/ lompat karet atau permainan daerah lainnya
·
Melakukan
permainan daerah misalnya kasti/lompat karet atau permainan daerah lainnya
Subtema 3: Bersyukur atas
Keberagaman (32 jam pelajaran)
·
Melakukan
pendataan teman yang ada di kelas, misalnya suku bangsa, agama, dan
kebiasaan.
·
Mendiskusikan
tentang bentuk-bentuk kerjasama yang membangun persatuan dan kesatuan
·
Menuliskan
hasil diskusi tentang bentuk-bentuk kerjasama yang membangun persatuan dan
kesatuan
·
Membaca
teks tentang keragaman suku bangsa, sosial, dan
budaya yang ada di Indonesia
·
Menceritakan kembali teks tentang
keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya yang ada di Indonesia
·
Membuat
kliping tentang keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya yang ada
di Indonesia
·
Mengamati dan
menggambar berbagai bentuk segitiga, segi empat, segi banyak beraturan dan
segi banyak tidak beraturan
·
Mengklasifikasikan
berbagai bentuk segitiga, segi empat, segi banyak beraturan dan segi banyak
tidak beraturan
·
Melakukan
pengukuran berbagai bentuk bentuk segitiga, segi empat, segi banyak beraturan
dan segi banyak tidak beraturan dengan menggunakan busur derajat
·
Mendiskusikan
dan mempresentasikan hasil diskusi tentang bagaimana indera pendengaran
manusia bekerja dan bagaimana manusia yang tidak memiliki indera pendengaran
dapat berkomunikasi
·
Mengamati dan
memperagakan tari kreasi daerah dengan penuh penjiwaan
·
Memperagakan
hasil belajar tentang variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan sepak bola bola mini dan
atau tradisional yang dilandasi
nilai-nilai tanggung jawab, disiplin, dan kerja sama
|
Bahasa
Indonesia
3.1. Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
4.1. Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan
keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulis
3.2. Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari
teks lisan, tulis, atau visual
4.2. Menyajikan hasil pencermatan tentang keterhubungan
antargagasan ke dalam tulisan
|
Gagasan
pokok dan gagasan pendukung
·
Teks tulis
·
Peta pikiran
·
Teks bacaan
·
Kerangka tulisan
|
|
Matematika
3.8. Menganalisis
segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
4.8. Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak
tidak beraturan
3.12 Menjelaskan dan
menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan
menggunakan busur derajat
4.12 Mengukur sudut pada
bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat
|
·
Segi banyak di sekitar
·
Pengukuran sudut dengan busur derajat
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.6. Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya
dengan indera pendengaran
4.6. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang
sifat-sifat bunyi
|
Bunyi
·
Sifat-sifat bunyi
·
Syarat
terjadinya bunyi
·
Sumber
bunyi
·
Cara menghasilkan bunyi
·
Telinga
sebagai indera pendengar dan cara merawat-nya
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.2. Mengidentifikasi
keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa Indonesia
4.2. Menyajikan
hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan
agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia
|
Keragaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama
·
Di lingkungan sekitar
·
Di Provinsi setempat
·
Di Indonesia
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.3. Mengetahui gerak tari kreasi daerah
4.3. Meragakan
gerak tari kreasi daerah
|
Gerak
tari kreasi daerah
|
|
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.1. Memahami prosedur variasi gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
4.1. Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,
dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*
|
Variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif :
·
Permainan
sepakbola ( menendang dan menghentikan bola)
·
Permainan
bolavoli (passing bawah)
·
Permainan
tradisional
|
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Alokasi waktu : 96
jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.2. Menerima kewajiban dan hak sebagai
amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
2.2. Menunjukkan sikap memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat
3.2. Memahami
pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari
4.2. Melaksanakan
kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
|
· Pelaksanaan
kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
|
Subtema 1: Sumber Energi (32 jam pelajaran )
·
Mengamati
gambar dan mendiskusikan tentang hak dan kewajiban penggunaan sumber energi
(misalnya air dan listrik)
·
Menuliskan
hak dan kewajiban individu terkait penggunaan energi (misalnya air dan
listrik)
·
Mengomunikasikan
pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengamati
teks visual/gambar tentang sumber energi, mendiskusikan, dan menjelaskan isi
teks
·
Menuliskan
kembali teks visual/gambar tentang sumber energi menggunakan bahasa sendiri
·
Membaca
dan mempraktikkan teks prosedur tentang membuat kincir angin sederhana
sebagai sumber energi
·
Mengamati
konsumsi air minum dalam botol yang dibawa teman-teman dalam satu kelas
·
Melakukan
penaksiran jumlah dan selisih dengan benar, melalui konsumsi air minum
·
Menyelesaikan
masalah yang terkait dengan penaksiran jumlah dan selisih bilangan cacah,
perkalian dan pembagian (menaksir harga peralatan yang terkait dengan harga
air minum dalam kemasan)
·
Mengamati
tumbuhan dan cuaca, melihat keterkaitan antara tumbuhan dan sinar matahari
sebagai sumber energi (manfaat
matahari dalam kehidupan)
·
Menuliskan
hasil pengamatan tentang perubahan
bentuk energi matahari dalam kehidupan dengan sistematis
·
Menuliskan
manfaat sinar matahari bagi kehidupan di Bumi dalam bentuk peta pikiran dalam
bentuk tulisan maupun gambar
·
Melakukan
percobaan tentang perubahan bentuk energi angin dalam kehidupan sehari-hari : Membuat
kincir angin dan kincir air sederhana berdasarkan teks prosedur
·
Mengamati
gambar, membaca teks, dan mendiskusikan tentang sumber energi yang digunakan
untuk mengelola sumber daya alam
·
Diskusi
tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya di daerah sekitar
·
Membaca
teks kemudian menyanyikan lagu “Menanam jagung” sesuai tinggi rendah nada
dengan aba-aba ketukan dari guru
·
Menyanyikan
lagu Menanam Jagung dengan nada dan tempo yang tepat, seperti yang
dicontohkan guru
·
Mengamati
cara melambungkan dan menangkap bola dengan teknik yang benar (demonstrasi
oleh guru).
·
Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor,
nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar (bola zig-zag)
Subtema 2: Manfaat
Energi (32 jam pelajaran)
·
Membaca
teks dan berdiskusi tentang penggunaan
sumber daya alam yang terbatas (misalnya penggunaan kertas)
·
Berdiskusi
tentang hak dan kewajiban terkait pemafaatan energi
·
Menceritakan
pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam
kehidupan masyarakat dengan benar
·
Membuat
poster tentang penggunaan energi yang benar sebagai hak dan kewajiban sebagai
individu
·
Melakukan
kampanye tentang hemat energi di lingkungan sekolah menggunakan poster
·
Mendiskusikan
tentang pemanfaatan limbah
·
Mengamati
gambar dan membaca teks prosedur tentang membuat produk dari limbah
·
Mempraktikkan
teks prosedur tentang membuat produk dari limbah
·
Bereksplorasi
mencari pecahan-pecahan senilai. dengan menggunakan kertas bekas
·
Membuktikan
hubungan pembilang dan penyebut antar pecahan senilai
·
Bereksplorasi
dengan garis bilangan yang menunjukkan perbandingan pecahan dengan garis
bilangan dan gambar
·
Membandingkan
nilai dua pecahan dengan benar
·
Menjelaskan
prosedur penaksiran dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan bilangan
cacah
·
Membaca
teks tentang sumber energi dan perubahan bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengidentifikasi penggunaan beragam benda elektronik di
rumah (daya yang dibutuhkan dan waktu
yang penggunaannya)
·
Menyajikan
dalam bentuk tabel penggunaan benda elektronik di rumah
·
Membaca
teks/gambar/ paparan mengenai sumber daya
alam yang digunakan sebagai sumber energi (misalnya: batu bara, minyak
bumi, dan gas alam)
·
Mencari
informasi untuk membuat peta sumber energi (batu bara, minyak bumi, dan gas
alam) di Indonesia dengan menggunakan simbol-simbol
·
Menyanyikan
lagu “Menanam Jangung” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan
tepuk tangan
·
Menyanyikan
lagu Aku Anak Indonesia dengan tempo dan tinggi rendah nada
·
Mempraktikkan
prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif
dalam permainan bola besar : bola zig-zag
Sub
Tema 3: Energi Alternatif (32 jam pelajaran)
·
Membaca
teks tentang ayo hemat energi
·
Melakukan
pengamatan di lingkungan sekitar tentang perilaku hemat energi
·
Mendiskusikan
pelaksanaan hak dan kewajiban dari masyarakat di lingkungannya dengan benar
terkait hemat energi
·
Membaca
teks/gambar/ paparan tentang ketersediaan sumber energi dari alam yang
terbatas
·
Membaca
teks/gambar/ paparan tentang energi alternatif
·
Membuat ringkasan tentang hubungan ketersediaan sumber energi
alam dan energi alternatif
·
Membuat
teks petunjuk hemat energi sesuai dengan masalah yang ditemukan di lingkungan
·
Bereskplorasi
mengidentifikasi unsur-unsur pada pecahan campuran dengan benar
·
Bereksplorasi
menyatakan pecahan campuran ke dalam pecahan biasa atau sebaliknya dengan
benar
·
Bereksplorasi
mengidentifikasi bentuk pecahan desimal dan menganalisis hubungan pecahan
desimal dan pecahan biasa
·
Menyelesaikan
masalah yang terkait dengan penaksiran bilangan cacah, pecahan dalam bentuk
soal cerita
·
Membaca
teks informasi dan melakukan percobaan tentang sumber energi alternatif dari
kentang yang mampu menghasilkan arus listrik bertegangan rendah
·
Mengidentifikasi
manfaat kentang sebagai sumber energy alternative dengan tepat
·
Menyajikan
laporan dalam bentuk peta pikiran
hasil pengamatan tentang
perubahan bentuk energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari
·
Menemukan
dan menuliskan informasi tentang karakteristik bentang alam: pantai, dataran rendah,
dan dataran tinggi
·
Membaca
teks, mengamati gambar, menjawab pertanyaan, berdiskusi dan menuliskan sumber
daya alam dan manfaatnya sebagai pangan lokal dan energi alternatif
·
Menyanyikan
lagu “Aku Anak Indonesia” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan
tinggi rendah nada
·
Menyanyikan
syair lagu Kring Kring Ada Sepeda secara berpasangan dengan tempo dan tinggi
rendah nada seperti contoh yang diberikan guru
·
Mempraktikkan
prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif
dalam permainan bola besar : bermain bola zig-zag
|
Bahasa
Indonesia
3.2. Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari
teks lisan, tulis, atau visual
4.2. Menyajikan hasil pencermatan tentang keterhubungan
antargagasan ke dalam tulisan
3.4. Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama
dan berbeda
4.4. Menyajikan teks petunjuk penggunaan alat dalam bentuk
teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
|
• Gagasan pokok dan
gagasan pendukung
• Teks Informasi
(visual/ gambar)
• Teks petunjuk
Penggunaan alat |
|
Matematika
3.1. Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
4.1. Mengidentifikasi
pecahan-pecahan senilai dengan
gambar dan model konkret
3.2 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran,
desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya
4.2. Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran,
desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya
3.3. Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah,
selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan
4.3. Menyelesaikan masalah
penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua
bilangan cacah maupun pecahan
|
• Pecahan senilai
• Perbandingan pecahan
• Taksiran hasil penghitungan
(tambah, kurang, kali, bagi)
• Pecahan senilai
• Pecahan desimal
• Pecahan campuran
• Desimal
• Persen
|
|
Ilmu Pengetahuan Alam
3.5. Memahami berbagai sumber energi,
perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari,
panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
4.5. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan
penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi
|
• Sumber Energi dan
Perubahan Bentuk Energi
• Macam-macam sumber
energi (matahari)
• Berbagai perubahan
bentuk energi (angin)
• Macam-macam sumber
energi alternatif.
• Berbagai perubahan
bentuk energi.
• Sumber Energi dan
Perubahan Bentuk Energi
• manfaat energi
alternatif
|
|
Ilmu Pengetahuan
Sosial
3.1. Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1. Menyajikan
hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari
tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi
|
• Letak dan luas
kabupaten/ kota dan provinsi dalam
peta
• Kegiatan ekonomi dalam
pemanfaatan sumber daya alam
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.2. Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah
nada
4.2. Menyanyikan lagu dengan memperhatikan
tempo dan tinggi rendah nada
|
• Tanda tempo
• Tinggi rendah nada
|
|
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.1. Memahami prosedur variasi gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau
tradisional*
4.1. Mempraktikkan variasi gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau
tradisional*
|
Variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif permainan bolabasket:
• Melempar Bola • Menangkap Bola
• Menendang bola
• Menghentikan bola
Variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif permainan sepakbola:
• Menendang bola • Menghentikan bola
• Melambungkan Bola
• Melempar Bola • Menangkap Bola |
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Alokasi waktu : 96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.2
Menerima kewajiban dan hak sebagai amanah warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari
2.2 Menunjukkan sikap memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat
3.2 Memahami pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat
dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Hak dan
kewajiban sebagai warga masyarakat dalam memanfaatkan tumbuhan
·
Hak dan
kewajiban ketika terhadap hewan di sekitar
·
Hak
dan kewajiban dalam pelestarian sumberdaya alam
·
Hak dan
kewajiban masyarakat terhadap lingkungan
|
Subtema 1:
Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku (32 jam pelajaran)
·
Mengamati
teks/gambar tentang hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar
·
Berdiskusi dan
tanya jawab tentang hak dan kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan
hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar
·
Melakukan
refleksi dan mendiskusikan hak dan kewajiban tentang kegiatan menanam dan
merawat tumbuhan
·
Membaca dan
mencermati keterampilan dan sikap yang baik dalam melakukan wawancara
·
Menyusun daftar
pertanyaan tentang hak dan kewajiban untuk memelihara hewan dan tumbuhan
·
Melakukan
simulasi wawancara kepada masyarakat sekitar sesuai pertanyaan yang telah
disusun
·
Melakukan
penaksiran bilangan desimal, pecahan (menggunakan media tumbuhan atau hewan
yang ada disekitar)
·
Menyelesaikan
masalah sehari-hari terkait desimal, pecahan
·
Mengamati dan
mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya (tumbuhan yang ada di
sekitar)
·
Menanam satu
jenis tanaman dan merawatnya
·
Membuat jadwal
merawat tanaman
·
Membuat tabel
pengamatan untuk mencatat pertumbuhan tanaman yang dirawatnya. (dibutuhkan
waktu untuk dapat mengisi dan melaporkannya)
·
Melakukan
pengamatan bentang alam Indonesia (pantai,dataran rendah dan dataran tinggi)
·
Menggali
informasi tentang karakteristik tempat tinggal dan pemanfaatan sumber daya
alam
·
Berkreasi
membuat kolase dari bahan alam tentang
hewan atau tumbuhan di sekitarnya.
·
Menuliskan
apresiasi dan saran atas hasil karya
temannya
·
Mempraktikkan
variasi gerak dasar dalam permainan bola zig-zag
Subtema 2 :
Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku (32 jam pelajaran)
·
Mengamati
gambar hewan atau tumbuhan di Indonesia yang dilindungi dan langka (Misalnya.
Komodo, Badak Bercula, bunga bangkai)
·
Berdiskusi
tentang pentingnya menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan
·
Menuliskan
saran menurut peserta didik upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga
kelestarian hewan dan tumbuhan
·
Membaca teks
tentang hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi
·
Mengumpulkan
gambar tentang hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi
·
Membuat poster
tentang upaya menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan langka dan dilindungi
·
Melakukan
kampanye ajakan untuk meletarikan hewan menggunakan poster yang telah dibuat
·
Membaca teks
tentang cara membuat pertanyaan dan hasil wawancara
·
Membuat daftar
pertanyaan untuk persiapan wawancara kepada pengelola kebun binatang setempat
(bila memungkinkan) atau peternak atau petani tentang pemeliharaan hewan atau
tanaman
·
Melakukan
wawancara
·
Melakukan
ekplorasi dan penaksiran operasi perkalian pecahan (menggunakan objek hewan
dan tumbuhan yang ada
·
Menuliskan
dalam diagram venn yang tersedia
·
Mencermati
langkah-langkah dan menjelaskan konsep melakukan penaksiran operasi
penjumlahan dan pengurangan pecahan, desimal
·
Membuat soal
cerita yang terkait penaksiran operasi jumlah, selisih,dan perkalian pada
bilangan pecahan dan menyelesaikan masalah penaksiran pecahan, desimal
·
Menyelesaikan
masalah yang terkait penaksiran operasi jumlah, selisih,dan perkalian pada
bilangan pecahan, desimal
·
Mengamati hewan
peliharaan dan menjawab pertanyaan
·
Menuliskan
pengalaman merawat hewan peliharaan atau pengalaman menyayangi hewan di
sekitarnya
·
Mengidentifikasi
bagian-bagian tubuh hewan dan fungsinya, perbedaan dari tubuh hewan beserta
fungsinya dalam pelestarian lingkungan
·
Mendiskusikan
ciri-ciri khas hewan dan mengaitkan ciri-ciri khusus hewan dengan
karakteristik tempat hidupnya
·
Berdiskusi
tentang pentingnya peran hewan atau tumbuhan sebagai sumber daya alam hayati
·
Membaca teks
tentang karakteristik tempat hidup hewan, pengaruh keadaan alam (iklim dan
bentuk muka bumi) terhadap kehidupan hewan
·
Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar
mereka
·
Menyajikan
informasi tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di
lingkungan sekitar mereka
·
Berkreasi
membuat mozaik dari bahan alam dengan tema keberagaman hewan dan tumbuhan
·
Mengapresiasi
karya seni mozaik
·
mempraktikkan
variasi gerak dasar dalam permainan lompat katak.
Subtema 3 :
Ayo Cintai Lingkungan
·
Mengamati
gambar/ paparan/tayangan tentang lingkungan hidup
·
Mendiskusikan
hak dan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan
·
Memberikan
contoh tindakan yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungannya (melaksanakan
hak dan kewajiban)
·
Mengamati
gambar dan menjelaskan dampak dari melalaikan kewajiban menjaga lingkungan
·
Melakukan
pengamatan dan menyajikan laporan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan di
tempat tinggalnya
·
Melakukan
refleksi kebiasaan peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan
dalam bentuk tabel
·
Membaca,
mencermati langkah-langkah, dan berlatih menjelaskan cara menyajikan laporan
hasil wawancara secara lisan
·
Menggali
informasi tentang pelestarian alam melalui kegiatan wawancara
·
Menyajikan
laporan tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
·
Mencermati
langkah-langkah melakukan penaksiran
operasi perkalian dan pembagian desimal, persen
·
Bereksplorasi
dan menjelaskan cara melakukan penaksiran jumlah dan selisih bilangan
desimal, persen
·
Menyelesaikan
masalah yang terkait dengan penaksiran jumlah dan selisih bilangan desimal,
persen
·
Melakukan observasi dan diskusi untuk menjelaskan pentingnya penghijauan sebagai
salah satu upaya pelestarian sumber daya alam menanam tanaman (praktik nyata
untuk melestarikan sumber daya alam dan lingkungan )
·
Menjelaskan dan
menyajikan informasi pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam di
lingkungan sekitar.
·
Menjelaskan
manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan
·
Mengidentifikasi
pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
·
Menyajikan
informasi hasil identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati bagi
kesejahteraan masyarakat
·
Membuat diagram frayer untuk manyebutkan contoh
sikap dalam melestarikan lingkungan sebagai kewajiban sebagai warga, mengomunikasikan ajakan untuk melestarikan
sebagai bentuk kewajiban sebagai warga.
·
Membuat montase
dari bahan alam dengan tema menjaga lingkungan.
·
Mempraktikkan
variasi pola gerak dasar dasar jalan, lari, lompat, dan lempar pada permainan
kasti atau permainan tradisional lainnya.
|
Bahasa
Indonesia
3.3 Menggali
informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
4.3 Melaporkan
hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk
teks tulis
|
·
Kalimat tanya
·
Ciri-ciri pertanyaan yang baik
·
Teks wawancara (kata sapaan, kalimat
perkenalan, kalimat pembuka)
·
Membuat laporan tertulis
|
|
Matematika
3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil
kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan
4.3 Menyelesaikan masalah
penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua
bilangan cacah maupun pecahan
|
·
Penaksiran desimal (operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian)
·
Penaksiran pecahan dan persen
·
Bilangan pecahan
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.1 Menganalisis
hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
4.1 Menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan
tumbuhan
3.8 Memahami pentingnya
upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
4.8 Melakukan
kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di
lingkungannya
|
·
Bagian-bagaian
tumbuh-tumbuhan dan fungsinya
·
Manfaat
tumbuhan bagi manusia
·
Tempat hidup
tumbuhan
·
Bagian- bagian tubuh hewan dan
fungsinya
·
Habitat hidup hewan
·
kegunaan hewan bagi manusia
·
Hewan-hewan langka
·
Keseimbangan dan pelestarian lingkungan
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.1 Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1 Menyajikan
hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari
tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi
|
·
Karakteristik
tiga
bentang alam
Indonesia, yaitu: pantai, dataran
rendah, dan datarn tinggi
· Karakteristik tempat tinggal dan
pemanfaatan sumber daya alam
·
pemanfatan
sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.4 Mengetahui karya seni rupa teknik tempel
4.4 Membuat
karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik
|
·
Teknik tempel: Kolase, Mozaik, Montase
·
Apresiasi terhadap hasil karya seni
|
|
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.2 Memahami prosedur variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,
dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*
4.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,
dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*
|
Variasi pola gerak dasar non lokomotor:
·
Memutar
pinggang
·
Menekuk badan,
tangan, dan kaki,
·
Memiringkan
badan
·
Membentang
tangan dan kaki
· Memutar badan menghadap ke kiri, ke
kanan, dan ke belakang
Variasi pola
gerak dasar lokomotor dan lokomotor melalui permainan :
· Bola zigzag,
· Lompat katak
· Kasti
· Permainan tradisional lainnya
Variasi gerak
dasar jalan,lari dan lompat
|
Tema 4 : Berbagai pekerjaan
Alokasi waktu : 96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1
Menerima makna hubungan
simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan
sehari-hari
2.1 Menerima
makna hubungan simbol dengan
sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Mengasosiasikan makna hubungan simbol
dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Menceritakan makna hubungan simbol dengan
sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
|
Makna
hubungan simbol dengan sila-sila
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
Subtema 1: Jenis-jenis pekerjaan (32 jam pelajaran)
• Mengamati burung garuda pancasila
dan menyebutkan simbol serta sila sila pancasila.
• Mendiskusikan dalam kelompok
tentang makna sila pertama Pancasila dan contohnya dalam kegiatan sehari hari
• Menuliskan pengalaman diri melaksanakan
sila Pertama Pancasila yaitu sifat jujur.
• Mendiskusikan nilai-nilai yang
harus dimiliki untuk mendapatkan pekerjaan salah satunya jujur.
• Menganalis dan menyampaikan
pendapat pribadi tentang sikap tokoh dalam cerita yang berhubungan dengan nilai-nilai Pancasila
• Menilai dan mendeskripsikan tokoh
yang ada di dalam cerita
• Membaca teks tentang “pemimpin
Idola, Pemimpin yang Jujur” dan mendiskusikannya dihubungkan dengan sila
pertama Pancasila
• Menuliskan pendapat pribadi teks
yang telah dibaca tentang “pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur”
• Menemukan rumus luas persegi
menggunakan benda kongkrit
• Menemukan rumus luas persegi
menggunakan cara lain (rumus)
• Menyelesaikan masalah tentang luas
persegi.
• Menemukan rumus keliling persegi
dengan cara konkrit
• Menemukan keliling persegi dengan
cara lain
• Menyelesaikan masalah tentang
keliling persegi
• Menjelaskan cara menghitung
keliling dan luas persegi dan persegi panjang.
• Menyelesaikan masalah sehari-hari
terkait keliling dan luas persegi dan persegi panjang
• Mendiskusikan tentang pentingnya
menjaga kelestarian tumbuhan sebagai upaya menjaga keseimbangan sumber daya alam
• Menuliskan dan mempresentasikan
contoh kegiatan yang dapat menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya
alam di lingkungan sekitar.
• Menyusun 3 rencana kegiatan untuk
menjaga kelestarian sumber daya alam di sekitar lingkungan agar terlindungi.
• Memilih satu kegiatan menjaga
kelestarian alam, menuliskan laporannya dan mempresentasikan hasil kegiatan
tersebut
• Membaca teks tentang pekerjaan di
lingkungannya dan mendiskusikannya
• Mengidentifikasi jenis jenis
pekerjaan yang dibutuhkan di masyarakat
• Mendiskusikan tentang jenis
pekerjaan tertentu
• Mengidentifikasi pekerjaan di
sekitar lingkungan
·
Membandingkan
pekerjaan yang ada di lingkungan tertentu dengan pekerjaan di lingkungan lain
dengan menggunakan diagram venn secara berkelompok
• Menyusun laporan dari diagarm venn dalam bentuk
tulisan dan mempresentasikannya secara berkelompok
• Menggali informasi (wawancara)
tentang kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan yang ada dilingkungan sekitar
•
Mempresentasikan
hasil wawancara tentang kegiatan ekonomi dan
berbagai pekerjaan
• Menggambar tiga dimensi tentang
bangunan idaman
• Mendiskusikan warisan budaya Indonesia,
misalnya pencak silat atau beladiri tradisional lainnya
• Mengamati gambar dan mengikuti langkah gerakan kaki pada beladiri pencak silat atau
beladiri tradisional lainnya
• Mempraktikkan
langkah-langkah gerakan kaki
pada beladiri tradisional dengan lancar
• Mempraktikkan berbagai pukulan
dalam gerak dasar seni bela diri tradisional
Sub tema 2: Pekerjaan disekitar kita (32 jam pelajaran)
• Mengamati simbol dan mendeskripsikan makna sila ke
dua Pancasila dengan benar
• Mengidentifikasi aktifitas yang
mencerminkan sila ke dua Pancasila dan juga aktifitas yang bertentangan
dengan sila kedua pancasila
• Berdiskusi dan menuliskan kesepakatan kelas tentang pengamalan sila
ke dua Pancasila
· Membedakan sikap yang baik dan
sikap yang tidak baik terkait nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
• Membaca cerita pendek,
mendiskusikannya dan menjawab pertanyaannya
• Menyampaikan pendapat secara
tulisan dan lisan tentang cerita tersebut
• Menyampaikan pendapatnya mengenai
suatu cerita secara lisan maupun tulisan
• Membaca cerita tentang pekerjaan
tertentu dan memberikan pendapat
• Menilai unsur cerita (pesan
moral), menuliskan dan menceritakannya
• Menghitung luas dan keliling
persegi panjang dari benda yang berada disekitar
• Menyelesaikan masalah tentang luas
dan keliling persegi
• Menghitung luas dan keliling bangun
gabungan (persegi dan persegi panjang) menggunakan benda kongkrit
• Menyelesaikan
masalah tentang luas dan keliling bangun gabungan (persegi dan persegi
panjang)
• Mendiskusikan dan Menjelaskan
penyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari tentang keliling dan luas
persegi dan persegi panjang
• Mendiskusikan dan membandingkan
penggunaan teknologi penangkapan ikan baik tradisional ataupun modern
• Menganalisa dan menuliskan
pemanfaatan teknologi modern serta dampaknya bagi pemenfaatan sumber daya
alam
· Menuliskan tentang sumberdaya alam
yang dimanfaatkan oleh kita dan bagaimana membatasi penggunaan sumber daya
alam dalam kehidupan sehari-hari
• Mengidentifikasi contoh kegiatan menjaga kelestarian alam
dalam kehidupan sehari-hari (wawancara)
• Mengamati gambar kegiatan ekonomi mulai
dari produsen sampai konsumen (misalnya ikan yang ditangkap nelayan sampai di
konsumsi masyarakat)
• Mendiskusikan dan
mempresentasikan dalam kelompok: Jenis
kegiatan ekonomi, Jenis barang yang dijual belikan, Jenis pekerjaan yang
terlibat pada kegiatan tersebut, dan hasil dari setiap pekerjaan
• Mendiskusikan gambar tentang jenis
barang yang diperjualbelikan dan jenis pekerjaan yang terlibat
• Mempresentasikan hasil diskusi
tentang jenis barang yang diperjualbelikan dan jenis pekerjaan yang terlibat
• Menggambar/melukis kegiatan yang
menunjukkan pengamalan sila ke dua pancasila dengan kreatif
• Mempresentasikan gambar hasil
karyanya sebagai seorang pelukis
• Mengamati karya gambar tiga
dimensi yang telah di buat pada pertemuan sebelumnya
• Menuliskan hasil apresiasi terhadap karya gambar
tiga dimensi
• Mengamati penjelasan langkah
gerakan tangkisan pada beladiri silat atau tradisional lainnya dengan tepat
• Mempraktikkan langkah-langkah
gerakan tangkisan pada beladiri silat atau tradisional lainnya
• Mengamati gambar, membaca
penjelasan, dan mengamati peragaan dari guru tentang pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk
membentuk gerak dasar tendangan dalam seni beladiri
• Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor dan
non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar tendangan dalam seni beladiri
Sub tema 3: Pekerjaan orang tuaku (32 jam pelajaran)
• Membaca teks tentang ‘sikap gotong
royong dari nelayan’ dan menjawab pertanyaan
• Mengamati gambar simbol sila ke
tiga pancasila, mencari informasi tentang makna sila ke tiga Pancasila
•
Menganalisis
masalah dalam kehidupan sehari-hari
yang berkaitan dengan pengamalan sila ke tiga Pancasila
•
Menghubungkan
sikap tokoh dengan pengamalan sila ke tiga Pancasila
• Menceritakan kegiatan yang bisa
dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka pengamalan sila ke tiga
pancasila
• Membaca teks tentang dongeng di
daerahnya yang berkaitan dengan kerja keras/pekerjaan
•
Menilai dan
menyajikan pesan moral
berdasarkan pendapat pribadi
• Menemukan unsur-unsur cerita dalam
dongeng dan menuliskannya
•
Mengidentifikasi
unsur instrinsik dari cerita yang dibaca dan menuliskannya dalam bentuk peta
pikiran
•
Menemukan
rumus luas segitiga menggunakan benda kongkrit
• Menyelesaikan masalah tentang luas
segitiga
•
Menemukan
rumus keliling segitiga menggunakan
benda kongkrit
•
Menyelesaikan
masalah tentang keliling segitiga.
•
Menyelesaikan
masalah dalam kehidupan sehari-hari tentang keliling dan luas persegi,
persegi panjang, dan segitiga
•
Mengamati
gambar kenampakan hutan di Kalimantan dan mendiskusikan kondisi penurunan
pohon dihutan kalimantan
• Mengidentifikasi kegiatan terkait
pengontrolan dalam pemanfaatan sumber daya alam
• Mewarnai peta hutan Kalimantan dan
menginformasikan dampak pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkontrol
dalam kehidupan sehari-hari dan upaya
pencegahan langkanya ketersediaan sumber daya alam
•
Membaca teks
tentang ‘Pengrajin cendera mata’ dan menjawab pertannyaan
· Membaca teks tentang ‘Pengolahan
samapah’ dan membuat peta pikiran
· Menuliskan upaya pengolahan sampah
sebagai upaya pelestarian sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari
•
Membaca teks tentang
pengrajin kayu dan menjawab pertanyaannya
•
Berdiskusi dalam kelompok
tentang proses pengolahan kayu: dari bahan baku menjadi suatu produk, jenis
pekerjaan dan produk yang dihasilkannya
• Menuliskan perlengkapan dalam
beladiri silat dan sumberdaya alam yang digunakan
• Mengamati bagan tentang proses
pembuatan sarung Samarinda
• Mengidentifikasi berbagai kegiatan
ekonomi dan perkerjaan yang ada di lingkungan sekitar.
•
Menggambar
perahu nelayan
• Mengamati karya gambar tiga
dimensi yang telah dibuat sebelumnya
•
Memberikan
apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi
yang dibuat oleh teman-temannya
•
Menyajikan
hasil apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi
• Mengamati seluruh gerakan pada
beladiri silat atau tradisional lainnya
• Mempraktikkan seluruh gerakan pada
beladiri silat
· Melakukan gerakan dalam pencak
silat atau beladiri tradisional lainnya untuk membentuk gerak dasar langkah,
pukulan, tangkisan, dan tendangan
|
Bahasa
Indonesia
3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra
(cerita, dongeng, dan sebagainya)
4.5 Mengomunikasikan
secara lisan dan tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang
dipilih sendiri dan dibaca yang didukung oleh alasan
|
·
Menilai sastra
·
Pendapat pribadi tentang isi buku sastra
|
|
Matematika
3.9 Menjelaskan
dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga
4.9 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan keliling dan
luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga
|
·
Keliling dan luas daerah:
·
Persegi
·
Persegi panjang
·
Segitiga
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.8 Memahami
pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di
lingkungannya
4.8 Melakukan
kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di
lingkungannya
|
·
Keseimbangan dan Pelestarian Sumber
Daya Alam
·
Pengertian sumber daya alam.
·
Macam-macam sumber daya alam.
·
Upaya keseimbangan dan pelestarian
sumber daya alam di lingkungannya.
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.3 Mengidentifikasi
kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan,
sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi
4.3 Menyajikan
hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat
di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi
|
·
Ketersediaan sumber-sumber ekonomi
·
Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja
(produksi, distribusi, konsumsi
·
Lembaga ekonomi
·
Perniagaan untuk mening-katkan
kesejahteraan
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.1 Mengetahui gambar dan bentuk tiga
dimensi si
4.1 Menggambar
dan membentuk tiga dimensi
|
·
Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan
objek
·
Proses pembuatan bentuk gambar tiga
dimensi berdasarkan objek
|
|
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.4 Menerapkan prosedur gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor
untuk membentuk gerak dasar seni beladiri**
4.4 Mempraktikkan
gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni
beladiri**
|
·
Pola
gerak dasar lokomotor dan non lokomotor seni bela diri pencak silat:
·
Kuda-kuda
·
Gerak
langkah kaki
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar